TUTWURI 125 125Jakarta (02/05) Menyikapi adanya revisi PP 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pengurus Pusat Ikatan Pamong Belajar Indonesia telah melayangkan surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

‘’Hari ini tanggal 2 Mei 2013 bertepatan dengan hari pendidikan nasional PP IPABI sudah menyampaikan surat permohonan untuk memasukkan Pamong Belajar dalam Pasal Pendidik pada Revisi PP 19 Tahun 2005 kepada Medikbud’’ demikian ungkap Eva Umar, Wakil Sekretaris PP IPABI. Adapun surat tersebut juga ditembuskan kepada Wamen Bidang Pendidikan, Kepala Balitbang Kemdikbud,  Dirjen PAUDNI; dan Direktur PPTK PAUDNI Kemdikbud.

“Menyimak kebijakan Bapak Menteri yang bersikap nondiskriminatif, maka besar harapan kami untuk memasukkan ketentuan pamong belajar ke dalam pasal 29 yang mengatur kualifikasi, latar belakang pendidikan dan sertifikat profesi, karena akan menjadi landasan hukum agar Pamong Belajar memiliki standar kualifikasi dan kompetensi”. Demikian rilis resmi PP IPABI dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP IPABI, Dadang Subagja, bernomor 12/05/2013 tanggal 2 Mei 2013.

Pada bagian lain Eva Umar juga menjelaskan bahwa usulan tentang memasukan pasal tentang pamong belajar pada Revisi PP 19 Tahun 2005 juga telah disampaikan oleh pihak Direktur PPTK PAUDNI.