TUTWURI 125 125Jakarta (02/05) Bertepatan dengan Hardiknas, PP IPABI mendapatkan konfirmasi dari Ka Subdit PTK Dikmas Direktorat PPTK PAUDNI Ditjen PAUDNI, Abubakar Umar, bahwa petunjuk teknis jabatan fungsional pamong belajar sudah diteken Mendikbud.

Eva Umar, Wakil Sekretaris PP IPABI, menyatakan bahwa ‘’Telah diterbitkan Permendikbud Nomor 39 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Pamong Belajar dan Angka Kreditnya tertanggal 31 Maret 2013’’. Terkait dengan uji kompetensi yang seharus dilaksanakan tahun 2013, karena belum adanya Peraturan yang mengatur standar kompetensi Pamong Belajar, maka Direktorat PPTK PAUDNI akan mengusulkan penundaan kepada BKN. Hal ini agar pamong belajar yang akan naik jabatan tahun ini tidak terhambat.

Tunjangan Fungsional PB

Eva Umar menambahkan informasi bahwa rancangan Perpres Tunjangan Fungsional Pamong Belajar sudah mencapai tahap harmonisasi, dan menunggu disampaikan ke Seskab untuk ditandatangani Presiden. Wakil Sekretaris PP IPABI menegaskan bahwa hal tersebut perlu ditindaklanjuti dengan data Pamong Belajar per jenjang per kabupaten. ‘’Kami mengharapkan data secepatnya terkumpul’’, harap Eva Umar.

Pada bagian lain Eva Umar menjelaskan bahwa insentif Pamong Belajar untuk tahun 2013 tetap akan diberikan, tapi sampai saat ini masih banyak data verifikasi yang belum masuk ke Dir. PPTK PAUDNI dan hal ini akan menghambat proses pencairan. Karena itulah diharapkan data verifikasi yang belum masuk untuk segera dikirimkan.