Yogyakarta (29/10) Pada Musyawarah Nasional Ikatan Pamong Belajar Indonesia Tahun 2012 untuk kedua kalinya incumbent Ketua Umum IPABI mengundurkan diri sebelum pemungutan suara dilaksanakan. Pada Munas kali ini yang dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 27-29 September 2012, Fauzi Eko Pranyono incumbent menyatakan mengundurkan diri sebelum pemungutan suara. Sontak sikap incumbent ini mengejutkan peserta Munas.

Sesuai dengan tata tertib Munas dan AD/ART pemilihan Ketua Umum dilaksanakan melalui mekanisme pemungutan suara. Sebelum pemungutan suara dilakukan penjaringan nama calon Ketua Umum, dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi di depan Sidang Pleno. Bakal calon minimal mendapatkan dukungan 5 pengurus daerah. Berdasarkan usulan pengurus daerah yang hadir diperoleh dua nama calon Ketua Umum, yaitu Dadang Subagja dan Fauzi Eko Pranyono. Fauzi Eko Pranyono adalah Ketua Umum IPABI masa bakti 2009-2012 alias incumbent.

Pada saat menyampaikan visi dan misi inilah petahana Ketua Umum IPABI, Fauzi EP, menyatakan mengundurkan diri dari proses pemilihan Ketua Umum IPABI. Sikap ini mengejutkan karena banyak peserta Munas yang menginginkan Fauzi melanjutkan untuk periode berikutnya. Hal mana dapat diperhatikan dari pemandangan umum delegasi Munas pada Sidang Pleno Laporan Pertangungjawaban Ketua Umum PP IPABI. Fauzi baru menjabat satu periode sehingga masih memungkinkan untuk menjabat pada masa bakti berikutnya.

“Jika proses ini dilanjutkan maka saya berpotensi untuk melanggar AD/ART IPABI, karena saya bukan lagi pamong belajar. Status saya di IPABI adalah anggota luar biasa, sebagai anggota luar biasa tidak mempunyai hak pilih. Karena saya tidak ingin melanggar AD/ART, maka saya dengan ini menyatakan mengundurkan diri dari proses pemilihan Ketua Umum IPABI” demikian interupsi Fauzi ketika presidium bersikeras untuk memasuki tahapan pemungutan suara.

Sidang pun kemudian dihujani interupsi antara memilih pola aklamasi atau pemungutan suara. Mencari alternatif calon lagi atau menyandingkan Dadang Subagja dengan bumbung kosong. Setelah silang pendapat, akhirnya disepakati Dadang Subagja secara aklamasi ditetapkan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat IPABI masa bakti 2012-2016.

Pada Munas IPABI (dahulu FPBI) tahun 2009 kejadian serupa juga terjadi, ketika penjaringan calon muncul dua nama yaitu Fauzi Eko Pranyono dan Syamsudin. Sebelum memasuki tahapan penyampaian visi dan misi Syamsudin menyatakan mengundurkan diri. Akhirnya Fauzi Eko Pranyono ditetapkan sebagai Ketua Umum untuk masa bakti 2009-2012.

Dengan demikian, dua kali Munas dua kali incumbent mengundurkan diri sebelum pemungutan suara. Akankah menjadi kejadian ini juga berulang pada Munas yang akan datang??