Jakarta. Oktober 2017. Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dit. PGTK PAUD dan Dikmas), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan lomba inovasi pembelajaran atau pengelolaan satuan pendidikan nonformal bagi GTK PAUD dan Dikmas Tahun 2017. Penyelenggaraan tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan profesionalisme GTK PAUD dan Dikmas dalam pembelajaran atau pengelolaan satuan pendidikan nonformal.

Sasaran kegiatan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran atau Pengelolaan GTK PAUD dan Dikmas Tahun 2017 adalah Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, antara lain:
1. Guru TK
2. Guru KB/TPA/SPS
3. Pamong Belajar
4. Tutor Keaksaraan Fungsional
5. Tutor Paket Kesetaraan A, B, dan C
6. Instruktur Kursus
7. Kepala TK
8. Pengawas TK
9. Pengelola KB/TPA/SPS
10. Penilik
11. Pengelola PKBM
12. Pengelola TBM
13. Pengelola LKP
14. Kepala SKB

Ketentuan Umum

  1. Lomba karya inovasi pembelajaran atau pengelolaan satuan pendidikan nonformal pada dasarnya dapat diikuti oleh semua GTK PAUD dan Dikmas yang terdiri dari Guru TK, Guru KB/TPA/SPS, Tutor Keaksaraan, Tutor Pendidikan Kesetaraan, Instruktur Kursus, Pamong Belajar, Kepala TK, Pengawas TK, Pengelola KB/TPA/SPS, Penilik, Kepala SKB, Pengelola PKBM, Pengelola TBM, dan Pengelola LKP.
  2. Guru dan pendidik lainnya membuat karya inovasi pembelajaran, sementara tenaga kependidikan membuat karya inovasi pengelolaan satuan pendidikan nonformal.
  3. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya inovasi dan bukti pendukung hasil Inovasi pembelajaran atau inovasi pengelolaan satuan pendidikan nonformal.
  4. Naskah karya inovasi diketik mengikuti ketentuan teknik dan sistematika penulisan naskah yang telah ditetapkan.
  5. Naskah yang diterima akan diseleksi panitia yang dibentuk oleh Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas, Ditjen GTK, Kemendikbud untuk menentukan nominator.
  6. Nominator akan diundang oleh Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas, Ditjen GTK, Kemendikbud untuk memprestasikan makalah dalam simposium sekaligus untuk menentukan pemenang lomba.
  7. Panitia akan memilih sejumlah naskah atau karya terbaik yang memenuhi syarat untuk dipublikasi dalam jurnal VISI, Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas.

Untuk lebih lengkapnya bisa diunduh disini

pedoman lomba karya tulis 2017 revisi oke.docx

-Habib Prastyo –