Jakarta – Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PGTK PAUD dan Dikmas) sesuai tugas dan fungsinya di bidang pembinaan terhadap GTK PAUD dan Dimas setiap tahun menyelenggarakan kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tingkat Nasional.
Tujuan utama kegiatan apresiasi ini adalah untuk memberikan apresiasi (penghargaan) kepada para GTK PAUD dan Dikmas atas dedikasi, berbagai kreasi dan karya inovasi/karya terbaik, olahraga dan seni, melalui proses seleksi dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, sampai ke tingkat nasional.
Kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tahun 2017 meliputi 17 jenis kategori apresiasi perorangan dan 2 (dua) jenis kategori apresiasi kelompok.

Selaras dengan kebijakan Pemerintah maka kegiatan apresiasi ini diarahkan untuk mewujudkan Revolusi Mental yang mencakup aspek integritas, etos kerja dan gotong royong bagi GTK PAUD dan Dikmas dalam pelaksanaan tugasnya. Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tingkat Nasional diikuti oleh 16 (enam belas) jenis GTK PAUD dan Dikmas yaitu Guru Kelompok Bermain (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS), Pengelola KB/TPA/SPS, Instruktur Kursus Tata Busana, Instruktur Kursus Otomotif, Instruktur Kursus Kecantikan Rambut, Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin, Instruktur Kursus Komputer, Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Pamong Belajar, Penilik, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Tutor Pendidikan Kesetaraan (Paket A, B dan C), Tutor Pendidikan Keaksaraan, dan Pamong Belajar UPT Pusat.

Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi mengembangkan konsep kegiatan yang mengandung unsur edukasi, kompetisi, dan rekreasi. Selain apresiasi yang bersifat perorangan juga akan diadakan apresiasi terhadap kelompok yaitu Senam Kreasi Daerah dan Paduan Suara yang akan diikuti oleh finalis dari apresiasi perorangan.

Persyaratan Peserta Pamong Belajar UPT:
1. Peserta apresiasi adalah Pamong Belajar UPT Pusat yang telah memiliki pengalaman/ masa kerja minimal 3 (tiga) tahun.
2. Pendidikan minimal Strata Dua (S2).
3. Melampirkan surat keterangan dokter (asli) yang menerangkan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.
4. Melampirkan surat tugas dari kepala UPT Pusat.
5. Usia maksimal 50 tahun.
6. Melampirkan profil pribadi dan profil lembaga.
7. Menyerahkan foto ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar dan ukuran 3R (close up) setengah badan sebanyak 2 (dua) lembar.
8. Menyampaikan dokumen/ naskah tertulis (hard copy) praktek terbaik (best practice) sebanyak 4 (empat) eksemplar.
9. Membawa perlengkapan apresiasi termasuk soft copy dokumen/ naskah tertulis (hard copy) praktek terbaik (best practice) dalam bentuk CD. (HP)

untuk lebih lengkapnya panduan bisa di unduh di sini:

20 Pedoman Penilaian Pamong UPT Pusat