Tunjangan FungsionalJakarta (15/12) Tanggal 27 dan 28 Desember 2012 Kementerian Keuangan akan melakukan job assesment terhadap setiap jenjang jabatan Pamong Belajar. Job assesement ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi yang dilakukan oleh Direktorat PPTK PAUDNI Ditjen PAUDNI Kemendikbud dan Kementerian Keuangan. Job assesment juga dilakukan terhadap jabatan fungsional Penilik.

Ikatan Pamong Belajar Indonesia telah diminta oleh Direktur PPTK PAUDNI untuk menyiapkan 3 (tiga) orang Pamong Belajar dari jenjang yang berbeda. Untuk itu Pengurus Pusat IPABI menugaskan kepada Wika Karina Damayanti, S.Pd. (Pamong Belajar Pertama SKB Kabupaten Bandung Barat), Eva Umar, M.Pd. (Pamong Belajar Muda SKB Jakarta Selatan/P3PNFI DKI), dan Mahmudin, MM (Pamong Belajar Madya BPKB DIY) untuk mengikuti job assesment. Untuk mempersiapkan job assesment akan dilakukan pertemuan awal pada Rabu, 26 Desember 2012 di Kemendikbud.

Job assesment ini menjadi penting karena akan menentukan rasionalisasi dan  besaran tunjangan fungsional per jenjang jabatan pamong belajar. Oleh karena itu PP IPABI menugaskan perwakilan Pamong Belajar yang dipandang mampu melakukan job assesment.

Semoga perjalanan usulan tunjangan fungsional yang sudah mulai digulirkan oleh PP IPABI sejak 15 Desember 2009 (di Hotel Equator Surabaya), akan segera berakhir dengan terbitnya peraturan presiden tentang tunjangan fungsional Pamong Belajar. [fep]